Program penghargaan layanan adalah strategi pengakuan yang diterapkan bisnis untuk merayakan pencapaian karyawan dengan perusahaan. Sudah lama berlalu ketika perusahaan menunggu tahun ke-25 karyawan, atau bahkan tahun ke-10, sebelum mereka membagikan penghargaan.
Saat ini, sebagian besar pemberi kerja mengetahui bahwa program penghargaan layanan yang diterapkan dengan benar dapat sangat membantu dalam memotivasi karyawan dan menciptakan tempat kerja yang lebih bahagia dan lebih produktif.
Kemudian bahwa mereka tidak harus menunggu selama beberapa dekade. Sebagian besar perusahaan mulai mengakui masa kerja pada tahun kelima karyawan; dan kemudian pada tahun ke-10, tahun ke-15, tahun ke-20 dan seterusnya. Beberapa bahkan mulai sejak tahun ketiga.
Memberikan pengakuan seperti penghargaan layanan kepada karyawan membantu meningkatkan moral dan meningkatkan kinerja karyawan. Sebuah studi yang disebut "Insentif, Motivasi, dan Kinerja Tempat Kerja: Penelitian & Praktik Terbaik" menemukan bahwa program pengakuan dan insentif yang diterapkan dengan benar dapat meningkatkan kinerja sebanyak 44%.
Buku putih "Motivasi dan Strategi Insentif: Kunci Membuat Tempat Kerja Anda Istimewa," di sisi lain, mengutip keterlibatan karyawan yang lebih tinggi, berkurangnya gesekan, peningkatan kinerja organisasi, dan peningkatan profitabilitas dan pengembalian pemegang saham sebagai beberapa hasil dari program penghargaan. yang diterapkan dan dipantau dengan benar. Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan program penghargaan layanan yang efektif.
- Kenali masa kerja dan kontribusi karyawan terhadap perusahaan, bukan hanya penghargaan. Dan pastikan perayaan tonggak sejarah ini diketahui di seluruh perusahaan. Beberapa perusahaan memilih makan malam untuk merayakan penghargaan layanan sementara beberapa menggabungkan upacara penghargaan ke dalam acara perusahaan besar seperti hari jadi.
- Program penghargaan dinas sebenarnya merupakan salah satu program penghargaan terbaik karena tidak rumit, mudah dipahami dan proses penerimaannya lugas dan transparan. Ini adalah kualitas yang membentuk program penghargaan yang sukses.
- Apakah Anda memilih untuk mengadakan penghargaan sebagai acara terpisah atau sebagai bagian dari acara perusahaan lain, Anda harus memastikan bahwa penghargaan tersebut diadakan secara konsisten pada periode atau periode tertentu dalam tahun tersebut.
- Seperti kebanyakan program hadiah, penghargaan yang mengakui masa kerja dapat mencakup kegiatan formal dan informal. Kegiatan ini tidak harus terlalu mahal. Tetapi Anda perlu mengomunikasikan secara efektif pesan yang tepat agar program penghargaan menjadi motivator yang kuat di tempat kerja.
- Penghargaan layanan harus sebagai pengakuan atas kontribusi karyawan kepada perusahaan dan tidak boleh dilihat sebagai penghargaan karena muncul untuk bekerja selama beberapa tahun.
- Tekankan keterampilan dan komitmen karyawan terhadap keunggulan yang telah membantu perusahaan selama bertahun-tahun. Perayaan atau acara penghargaan harus menjadi waktu untuk memperkuat kebanggaan perusahaan dan meningkatkan motivasi dan moral.
- Program penghargaan atau souvenir perusahaan seperti tumbler plastik custom layanan harus memiliki komponen publik dan swasta. Komponen publik adalah upacara penghargaan atau makan malam. Komponen pribadi harus memiliki sentuhan yang lebih pribadi; catatan pribadi dari eksekutif puncak perusahaan, misalnya.
0 Komentar